Tokyo Motor Show 2011 Kurang Greget

Tokyo - Tokyo Motor Show (TMS) tahun 2011 ini kurang greget dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hajatan pameran otomotif dunia yang ke-42 itu dinilai oleh beberapa pelaku otomotif tak mencerminkan keangkeran ajang otomotif kelas dunia tersebut.

Misalnya saja Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengatakan imbas krisis yang melanda dunia termasuk pasca gempa dan tsunami yang meghajar Jepang Maret lalu secara tak langsung membuat kualitas TMS tahun ini menurun.

"Dibandingkan dulukan Tokyo Motor Show suatu kebanggaan, seperti Frankfurt tapi begitu melihat tadi kayaknya kurang greget, tapi mungkin karena perpindahan (tempat) dari Makuhari (Messe, Chiba City ke Big Sight). Makuhari itu memang bagus untuk acara-acara internasional. Bukan ngejelekin, kalau dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya," kata Johnny kepada detikOto, di Big Sight ajang TMS, Tokyo Jumat (2/11/2011).

Johnny mengakui faktor lokasi baru menjadi catatan penting TMS tahun ini.

"Setelah melihat impresinya tadi, mungkin karena krisis ya, kedua tempatnya saat ini (Big Sight) nggak terlalu convenience antara satu dengan yang satu, seperti IIMS dipindah dari JCC ke Kemayoran long distance," katanya.

Ia berharap ajang serupa di Tanah Air yaitu Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) tahun depan bisa lebih bagus meski ajang TMS dengan IIMS tak bisa dibandingkan.

"Tokyo Motor Show sekarang ini dibandingkan dengan 2-3 tahun lalu menurun," katanya.

Setali tiga uang dengan Johnny, General Manager Promosi dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Eko Prabowo mengakui tahun ini TMS jauh berbeda, ia melihat ada kesan untuk lebih membumi pada ajang kali ini.

"Yang diekspos rata-rata mobil yang ramah lingkungan sudah green semua, mobil listrik, bukan konsep yang gila-gila. Motor juga nggak jauh beda, bahkan prediksi JMS dan IIMS tahun depan jauh lebih baik (dari TMS), akan jadi satu di bulan September," katanya.

Berdasarkan pengamatan detikFinance, memang TMS tahun ini hanya memunculkan 7 merek motor yaitu Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Honda, Kymco, Adiva dan KTM. Sementara merek besar lainnya seperti BMW, Aprilia, Ducati, Piaggio tak nongol di ajang yang katanya bergengsi ini.

Sedangkan untuk barisan mobil hanya memunculkan nama-nama seperti, Suzuki, Daihatsu, Subaru, Nissan, Medrcedes Benz, BMW, Mitsubishi, Mazda, Peageot, Isuzu.

Tokyo Motor Show sendiri adalah salah satu pameran mobil terbesar di Asia yang kembali ke Tokyo setelah 24 tahun. Selama kurun waktu tersebut Tokyo Motor Show digelar di luar kota Tokyo tepatnya di Makuhari Messe di Prefektur Chiba, beberapa kilometer arah tenggara dari Tokyo.

Asosiasi produsen mobil Jepang atau Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA) sebelumnya sudah menetapkan tema Tokyo Motor Show yakni "SMART MOBILITY CITY 2011".

Pameran mobil ini dibuka untuk umum selama 10 hari mulai 2 Desember sampai 11 Desember. Dua hari sebelumnya, yakni 30 November sampai 1 Desember dimanfaatkan sebagai hari VIP dan media.

Detik.Com

0 comments: